Monday, July 13, 2020

5 Aplikasi Belajar dari Rumah Untuk Menunjang Para Guru dan Siswa di Tengah Pandemi Covid-19

Belajar dari Rumah Untuk Menunjang Para Guru dan Siswa di Tengah Pandemi Covid-19


Jumlah yang terinfeksi wabah corona di Indonesia setiap hari semakin bertambah. Untuk memutus rantai penularan covid-19 beberapa kepala daerah telah mengeluarkan kebijakan dalam sektor pendidikan untuk meliburkan sekolah sebagai langkah untuk mencegah wabah tersebut. Adanya kebijakan tersebut tak semerta-merta para siswa diliburkan begitu saja, melainkan pada pandemi ini proses pembelajaran tetap berlangsung, namun dilakukan secara daring atau belajar dari rumah.

Belajar daring merupakan tantangan di era revolusi industri 4.0. perkembangan teknologi ini menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, termasuk dalam dunia pendidikan. Terdapat beberapa aplikasi yang bisa di jadikan referensi untuk guru, siswa & orangtua untuk dijadikan sebagai sumber belajar di tengah pandemi covid-19 ini.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi atau layanan penunjang sekolah daring yang bisa di akses guru, siswa dan orangtua untuk belajar dari rumah. :

1.       1.  Rumah Belajar



Rumah Belajar adalah layanan yang telah di kembangkan oleh Kemendikbud yang bertujuan sebagai alternatif belajar dari rumah. Di dalam laman belajar ini terdapat sejumlah fitur menarik seperti sumber belajar, buku sekolah elektronik, (BSE), Peta Budaya, laboratorium maya, wahana jelajah angkasa dll.

Fitur BSE menjadi alternatif untuk para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki. Fitur laboratorium maya memungkinkan siswa dan guru melakukan percobaan Ilmu pengetahuan alam (IPA) secara interaktif. Fitur ini dapat membantu sekolah yang tidak memiliki peralatan praktikum IPA melakukan eksperimen secara interaktif dan dengan tampilan yang menarik.

            Aplikasi tersebut dapat di akses melalui : Rumah Belajar

2.       2.   Kelas Pintar



Kelas Pintar adalah salah satu penyedia layanan belajar secara online. Layanan belajar tersebut memiliki sistem pendukung edukasi di era digital yang menggunakan teknologi terkini yang membantu para guru atau siswa unhtuk praktik belajar mengajar.

Layanan tersebut adalah solusi belajar digital untuk guru, murid dan orang tua. Dalam layanan tersebut memiliki fitur seperti kelas pintar reguler, berlanganan paket belajar, pilihan paket kelas pintar, akses puluhan ribu soal untuk meningkatkan proses pembelajaran, Kelas Cerdas, dan solusi untuk guru yang didalamnya memuat berbagai solusi belajar digital untuk guru, murid dan orang tua. 

            Layanan tersebut dapat di akses melalui : Kelas Pintar

3.       3.   Meja Kita



Meja Kita adalah layanan digital yang bisa menjadi alternatif untuk mendiskusikan Pekerjaan Rumah (PR) bersama untuk menemukan solusinya. Dalam layanan tersebut seorang siswa juga bisa memilih materi yang ingin di kuasai dalam belajar di manapun dan kapanpun.

            Layanan tersebut dapat di akses melalui :  Meja Kita

4.     4. Ruang Guru



Ruang guru merupakan layanan belajar berbasis teknologi, di dalamnya terdapat layanan seperti kelas virtual, platform ujian online, vidio belajar berlangganan, marketplace les privat, dan konten-konten pendidikan lainnya yang bisa di akses melalui web dan aplikasi Ruang Guru.

Ruang guru tersebut menyediakan sekolah online selama masa pandemi covid-19. Terdapat 250 vidio dan modul pelatihan guru yang dapat dimanfaatkan selama satu bulan ke depan di aplikasi tersebut.

            Layanan tersebut dapat di akses melalui : Ruang Guru

5.      5.   Icando



Icando merupakan aplikasi pendidikan yang memiliki progam pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 Revisi yang dikembangkan secara komprehensif dengan ratusan minigames yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar anak-anak di jenjang PAUD.

            Aplikasi tersebut dapat di unduh dan di mainkan melalui : Icando

            Nah, itulah beberapa aplikasi atau layanan yang bisa menjadi sumber referensi para guru, siswa & orangtua dalam menjalankan proses belajar dari rumah. Semoga informasi dari penulis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang bingung mau menggunakan aplikasi apa yang cocok digunakan dalam belajar dari rumah.

 

Sekian, Terimakasih

No comments:

Post a Comment

Top 5 Popular of The Week